New Blog

Minggu, 24 Februari 2019

New Blog


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ


Beberapa minggu ini saya menerima banyak masukan tentang karir yang akan saya jalani kedepannya. Salah satu masukan tersebut adalah tentang berlatih menulis. Saya akui pekerjaan menulis ini salah satu pekerjaan paling berat dan paling membuat malas. Jangankan untuk menulis beberapa paragraf, untuk menulis caption pada instagram saja terkadang malas. Beberapa tahun kebelakang sebenarnya saya sempat menulis beberapa tulisan di blog ini tapi berhubung lupa email akhirnya saya tinggalkan begitu saja. Alhasil tulisan yang saya hasilkan hanya buku tugas akhir dan buku thesis saja yang tidak terlalu baik.

Ada hal-hal yang mendesak dari pelajaran menulis ini. Pada beberapa tahun kedepannya saya akan dituntut untuk melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dimana ketiga hal tersebut berkaitan erat dengan menulis. Pada saat diskusi dengan beberapa teman-teman dosen, mereka menekankan betapa pentingnya belajar menulis ini. Seperi saat melakukan pengajaran, kita dituntut untuk dapat menghasilkan output buku ajar yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan materi mata kuliah. Atau pada penelitian, Kemampuan menulis yang baik juga dapat berpengaruh contohnya pada pencarian hibah penelitian, publikasi bahkan pembuatan laporan pertanggung jawaban.

Seperti perkataan Darren Hardy 'amateurs call it genius, master call it practice', tidak ada hal lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki tulisan kita dengan membaca dan terus berlatih. Untuk itu saya menargetkan dua tulisan setiap minggu yang akan di-upload di blog ini entah itu tulisan apapun, bisa materi kuliah, opini pribadi ataupun tulisan random lainnya. Semoga blog ini dapat memberikan manfaat kepada pembaca, entah itu ilmu inspirasi maupun manfaat lainnya.

0 komentar :

Posting Komentar